RSS

dprd jateng

07 Agu

[ Sabtu, 07 Agustus 2010 ]
DPRD Jateng Tuding Pihak Bank Terlibat
SEMARANG – Komisi D DPRD Jateng terusik juga saat mendengar raibnya uang ganti rugi lahan tol Semarang-Solo (SS) yang tersimpan dalam rekening milik warga di Bank Mandiri. Para wakil rakyat itu menyatakan segera membentuk panitia kerja (panja) kasus raibnya uang Rp 13,5 miliar milik 99 warga Jatirunggo, Pringapus, Kabupaten Semarang, tersebut.

Komisi yang membidangi pembangunan itu bahkan menduga pihak bank terlibat dalam proses transfer dana ke rekening yang dicurigai milik para broker alias calo tanah tersebut. Uang itu diduga ditransfer ke beberapa rekening lain sehingga hanya tersisa Rp 50 ribu-Rp 100 ribu di buku rekening warga.

“Sebelum rapat komisi Senin depan (9/8), kami menghelat rapat internal untuk membahas dana ganti rugi tol yang hilang tersebut. Setelah itu, pembentukan panja kami usulkan kepada pimpinan dewan,” ujar anggota Komisi D DPRD Jateng Khayatul Maki. Menurut dia, nanti panja itu menelusuri proses ganti rugi hingga raibnya uang belasan miliar rupiah hak pemilik lahan tersebut.

Khayatul menduga pengalihan dana dari rekening warga ke rekening lain itu melibatkan pihak bank. Sebab, papar dia, bank begitu mudah menyetujui overbooking dana sebesar itu ke beberapa rekening. “Uang Rp 13,5 miliar kan besar. Lagi pula, uang itu milik 99 warga. Proses kliring mestinya tidak semudah itu. Kenapa bank tidak konfirmasi dulu,” tuturnya. Dia bahkan menduga praktik tersebut direncanakan sejak lama.

Terpisah, Pemprov Jateng menyarankan warga Jatirunggo menempuh jalur hukum. “Itu sudah masuk dalam ranah pidana,” ucap Kepala Biro Hukum Pemprov Jateng Prasetyo Aribowo. (ric/isk/jpnn/c11/soe)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Agustus 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: